Contoh RPP PAI X
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Nama Sekolah : SMK
ANTABARANTAH,
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas /Semester : X/Ganjil
2013/2014.
Materi Pokok :
Menahan Diri.
AlokasiWaktu 3 Jam Pelajaran.
A.Kompetensi Inti
KI-1. : Menghargai,dan menghayati ajaran Agama
yang dianut.
KI-2 : Menghargai dan menghayati Prilaku jujur, disiplin,tanggung
Jawab,
: Peduli(Toleransi,gotong
royong)santun,percaya diri dalam berinteraksi
: secara efektif dengan lingkungan sosial
dan dalam alam jangkauan
: pergaulannya.
KI-3. : Memahami Pengetahuan (Faktual,konseptual)seni,budaya,terkait
: kejadian
tampak mata.
KI-4. : Mencoba,mengolah dan menyaji dalam ranah
kongrit(Menggunakan,
: mengurai,merangkai,memodifikasi,dan
membuat) dan dalam ranah
: abstrak (menulis,membaca,menghitung,menggambar,dan
mengarang)
: sesuai dengan yang dipelajarai disekolah
dan sumber lain yang sama
: dalam sudut pandang teorii
B.KOMPTENSI DASAR DAN INDIKATOR
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Komptensi
|
|
|||||||||
1.
|
1.2.Kemampuan Menjelaskan ttg
a.Pengertian Kontrol diri
(Mujahadah An-nafs)
Al-anfal 8: 72
b.Prasangka Baik (Khusnudzoan)
Al-Hujurat(49):12,
c.Persaudaraan (Ukhuwah)
Al-Hujurat(49) :10.
|
1.2.2. (a).Menjelaskan pengetian
Kontrol diri
(Mujahadah An-naf)
(b)
Menjelaskan contoh-contoh prilaku
kontrol diri dalam kehidupan se-hari
hari.
(c) Mengamalkan nilai-nilai
kontrol
Diri dalam kehidupan nyata
sebagai
Implementasi dari
Al-Anfal(8):72.
1.2.3.(a) Menjelaskan pengertian
Baik sangk
(Khamalkan khusnudzoan).
(b).Menyebutkan contoh contoh prasa
ngka baik dalam kehidupan se-hari
hari.
(c).Mengamalkan
nilai-nilai kebaikan
Dalam kehidupan sebagai
implementasi dari
Al-Hujurat
(49)12.
1.2.4.(a).Menjelaskan pengertian
persauda
raan dalam kehidupan nyata.
(b).Menguraikan contoh-contoh per
buatan yang meningkatkan rasa
persaudaran dalam kehidupan
nyata.
(c).Mengembangkan
kerjasama,dan
Gotong royong,toleransi terhadap
Sesama sebagai implementasi dari
Surat
Al-Hujurat (49):10.
|
|
|||||||||
2.
|
2.2.Melalui diskusi bimbingan Guru
siswa mempunyai kemampuan menyebutkan makna yang terkandung dalam surat
Al-Anfal (8):72.
2.3. Melalui diskusi dan tanya
jawab Kelompok siswa dapat menjelaskan tentang makna yang terkadung dalam
surat Al-Hujurat (49):12.
|
2.2.2. Menyebutkan makna pelajaran
yang di
Ambil dari dari surat Al-Anfal
(8):72.
2.2.3 Menjelaskan tentang makna yang
Terkandung dalam surat Al-Hujurat
(49):12.
|
|
|||||||||
|
||||||||||||
3.
|
3.3. Melalui proses pembelajaran
yang mendalam siswa mempunyai kemampuan untuk menjelaskan makna surat
Al-Hujurat (49) : 10
3.4.Melalui Proses pembelajaran
yang
mendalam siswa mempunyai
kemampuan untuk menemukan dan
menulis Hadits tentang Kontrol Diri
(Mujahadah An-nafs)
|
3.3.3 Menjelaskan intisari yang terkandung
Dalam surat Al-Hujurat (49):10.
3.3.4 (a)Menemukan Hadits tentang Kontrol
Diri (Mujahadah An-nafs)
(b)Mempraktekan penulisan Hadit ttg
Kontrol Diri (Mujahadah An=naf)
|
|
|||||||||
|
||||||||||||
C.TujuanPembelajaran
1.Melalui diskusi dan tanya jawab yang
mendalam siswa dapat menyebutkan makna yang
terkandung
dalam surat Al Anfal(8)ayat 72
2.Melalui diskusi bimbingan Guru siswa dapat menyebutkan makna yang terkandung dalam surat
Al-Hujurat (49) : 12
3.Melalui diskusi intens Guru
dengn Siswa,dan Siswa dengan Siswa dapat menguraikan makna
yang terkandung dalam surat Al-Al-Hujurat(49)10.
4.Melalui penugasan secara kelompok dapat menemukan,menulis,dan membaca hadits tentang
kontrol diri (mujahadah an-nafs)
5.Melalui penugasan siswa dapat menemukan , menulis,dan membaca hadits tentang prasangka
baik (husnuzzhan).
6.Melalui penugasan
siswa dapat mengemukakan,menulismdan
membaca hadits tentang
persaudaraan (ukhuwah)
D.MATERI PEMBELAJARAN
Materi Pembelajaran yang ditampilkan
dalam pertemuan ini sbb:
a.
Kontrol diri
(Mujahadah An-nafs
b.
Berbaik sangka
(Khusnudzoan)
c.
Persaudaraan
(Ukhuwah )
d.
Ayat Al-Qur’an
sebagai landasan tentang Kontrol diri
(Mujahadah An-nafs),Berbaik sangka (Khusnudzoan), dan Persudaraan (Ukhuwah ).
E.METODE PEMBELAJARAN.
a.Pendekatan Saintific.
b. Diskusi Kelompok dan tanya jawab
c. Penugasan.
d. Praktek
e..............................................................................................................................................
F. SUMBER BELAJAR.
1...................................... 201...Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMK Kelas X. Jakarta:
PT.
Erlangga.
2.Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta:
Departemen Agama RI.
3................................................................................................................................................
4..............................................................................................................................................
5. Dst.........................................................................................................................................
G. MEDIA PEMBELAJAN/ALAT PEMBELAJARAN.
1.MEDIA.
a.Vidio Pembelajaran Al- Qur’an.
b.Power
.
2.AlAT PEMBELAJARAN.
c.Leptop.
d.LCD Proyektor.
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN.
No
|
KEGIATAN
|
alokasi
waktu
|
|
1
|
PENDAHULUAN
|
||
|
a
|
Membuka pembelajaran dengan
salam dan berdo’a bersama dengan khikmad,
dipimpin oleh salah seorang peserta
didik yang lebih pandai membaca do’a dari
Peserta didik yang lain.
|
10 Menit
|
|
b
|
Melakukan absensi terhadap
siswa yang hadir dan berhalangan hadir.
|
|
|
c
|
Memulai pembelajaran dengan
membaca Al-Qur’an surat-surat Pendek,dan surat
Surat pilihan dengan lancar
dan benar (surat –surat Al-qur’an yang berhubungan
dengan materi Pembelajaran.
|
|
|
d
|
Guru mengamati kesiapan siswa
dengan menginstruksikan kepada peserta didik untuk merapikan pakaian,posisi,
dan tempat duduk sesuai dengan kondisi kelas.
|
|
|
e
|
Menjelaskan Materi yang akan
dipelajari pada hari..................................................,
|
|
|
|
Menjelaskan kegunaan materi
yang akan dipelajari (Apersepsi)
|
|
|
f
|
Mengajukan pertanyaan secara
komunikatif tentang materi ,Surat Al-Anfal ayat (80):72.Surat Al Hujurat ayat
(49):12. Surat Al-Hujurat ayat (49): 10. Dan Al-Hadits
Tentang Kontrol Diri
(Mujahada An-nafs) Prasangka Baik ( Khusnudzoan).dan Persaudaraan (Ukhuwah).
Hadits-Hadits yang berhubungan dengan Kontrol diri,berbaik sangka ,serta
persudaraan .
|
|
|
g
|
Guru menyampaikan kepada
peserta didik tentang kompetensi dasar dan tujuan yang
Akan dicapai dalam proses
pembelajaran tentang Konrol diri (Mujahadah An-nafs)
Prasangka baik (Khusnudzoan),
dan persaudaraan (Ukhuwah) Hadits Hadits tentang
Kontrol diri (Mujahadah
An-nafs),Prasangka baik (Khusnudzoan) dan persuadaraan
(Ukhuwah).
|
|
|
h.
|
Mempersiapkan media /alat
pembelajaran berupa Leptop lengkap dengan VCD.Infokus.Gunanya untuk
mengkongritkan antara apa yang
diucapkan dengan
bentuk tulisannya.
|
|
|
|
80. Menit.
|
2
|
|
KEGIATAN INTI.
|
|
|
a.
|
Mengamati,
|
|
|
|
-Guru membagi kelompok
menjadi 5 kelompok dengan tiap-tiap kelompok 5 orang
|
|
|
|
-Peserta didik seacara
kelompok mengamati/menganalisa surat Al-Anfal (8):72
Al-Hujurat (49):12, Surat Al-Hujurat Ayat
(49): 10. Serta Hadits-hadits tentang
Kontrol diri (Mujahadah An-nafs) Prasangka
Baik (Khusnudzoan),dan Persaudaraan
(Ukhuwah).
|
|
|
|
-Peserta didik secara
kelompok mendiskusikan Surat Al-Anfal (8):72 ,Al-Hujurat
(49): 12. Al Hujurat (490: 10.serta Hadits
tentang Kontrol diri (Mujahadah An-nafs )
Prasangka baik (khusnudzoan ),dan
persaudaraan (Ukhuwah).
|
|
|
b
|
Menanya
|
|
|
|
-
Dua orang dari tiap kelompok peserta didik pergi bertanya kepada
kelompok
Lain untuk mencari informasi
tentang Intisari pelajaran dari Surat Al-Anfal (8):72. Al –hujurat (49): 12,
dan Surat Hujurat (49):10. Hadits tentang Kontrol
diri (Mujahadah An-nafs),
Prasangka Baik (Khusnudzoan) ,dan Persaudaraan
(Ukhuwah)
-
Tiap-tiap kelompok peserta didik menyamakan persepsi tentang makna pada
Surat Al-Anfal (8) : 72. Surat Al-Hujurat (49):12, Surat Al-hujurat
(49):10.serta Hadits-hadits tentang Kontrol diri(Mujahadah An-nafs),Prasangka
baik (Khusnudzoan ), dan Persaudaraan (Ukhuwah) setelah mencari informasi
dari kelompok lain.
|
|
|
c.
|
Mengesperimen/mengeskplor/mencari.
|
|
|
|
-Guru membantu mengemukakan
makna Hadits tentang kontrol diri (Mujahadah an-
nafs) ,Prasangka baik (Khusnudzoan), dan
Persaudaraan (Ukhuwah).
-Siswa menganalisa surat
Al-Anfal (8):72, Surat Al-Hujurat (49):12,Surat Hujurat
(49): 10. Serta Hadits tentang kontrol diri
(Mujahadah An-nafs),Prasangka baik
(Khusnudzoan) , persaudaraan ( Ukhuwah )
- Melalui diskusi inten siswa
dapat mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
tentang khasiat Kontrol diri (Mujhadah An-nafs),Prasangka
baik (Khusnudzoan),
Persaudaran (Ukhuwah) Hadits-hadits yang
berhubungan dengan kontrol diri
(Mujahadah An-nafs), Prsangka baik (Khusnudzoan), dan persaudaraan
(Ukhuwah).
|
|
|
d.
|
Asosiatif
|
|
|
|
-Secara indifidual maupun
kelompok , peserta didik mengklasifikasi/menguraikan
Surat Al-Qur’an tentang Kontrol diri
(Mujahadah an-nafs),Prsangka baik
(Khusnudzoan), dan persaudaraan (Ukhuwah).
-Setelah melalui pencarian
dan analisa yang inten secara individu dan kelompok dapat
mengklasifikasi Hadits Nabi tentang kontrol
diri ( Mujahadah An-nafs) , prasangka
baik
(khusnudzoan), dan persaudaraan (Ukhuwah).
|
|
|
e.
|
Komunikasi
|
|
|
|
.Peserta
didik menyampaikan hasil pengamatan,diskusi kelompok,penjelasan
Guru,analisa kelompok serta sumber lain
yang relevan tentang makna yang
Terkandung dalam surat Al –Anfal (8) : 72,
Al- Hujurat (49):12,Al-Hujurat (49):10,
Serta Hadits-Hadits tentang Kontrol diri
(Mujahadah An-nafs),Prasangka
baik(Khusnudzoan), dan persaudaraan
(Ukhuwah).
.Peserta
secara kelompok dan individual secara
bergantian menanggapi hasil
presentasi
(melengkapi,mengkonfirmasi,menyanggah )kelompok lain.
. Masing-masing kelompok dibantu oleh Guru membuat kesimpukan
|
|
|
|
|
|
|
f
|
Penutup
|
5.Menit.
|
|
|
.Melaksanakan penilaian dan
refleksi dengan mengajukan pertanyaan dan tanggapan
peserta didik dari kegiatan yang telah dilakukan sebagai bahan
masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya.
.Merencakan kegiatan tindak
lanjut dengan memberikan tugas baik
secara invidu
maupun kelompok bagi peserta didik yang
belum lancar dalam melafalkan huruf
Hija’iyah dan harokatnya.
.Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
I.PENILAIAN HASIL BELAJAR.
Tugas
.Mengisi rubrik tentang analisa Q.S. Al-Anfal(8):72,Q.S.Al-Hujurat(49):12,Al-
Hujurat (49): 10,dan Hadits.
Conto.
Beri tanda
di kolom ya dan tidak.
NO
|
U R A I A N
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Dapat menganalisa Q.S
Al-Anfal (8): 72;
|
6
|
|
2.
|
Dapat menganalisa Q.S
Al-Hujurat (49): 12;
|
8
|
|
3.
|
Dapat menganalisa Q.S. Al- Hujurat (49): 10;
|
9
|
|
4
|
Dapat menemukan,menulis,dan
membaca Hadits tentang Kontrol Diri (Mujahadah An-nafs)
|
7
|
|
5.
|
Dapat menemukan, membaca, dan
menulis Hadits tentang Prasangka baik (Khusnudzoan)
|
9
|
|
6.
|
Dapat menemukan,membaca,dan
menulis Hadits tentang Persaudaraan (Ukhuwah).
|
10
|
|
|
Skor Minimal/perolehan
|
49
|
|
|
Skor Maksimal
|
60
|
|
.Kegiatan
Menganalisisa
Q.S. Al- Anfal(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12; Al-Hujurat(49) :10. Dan
Hadits.
. Portotofolio
Peserta didik mendiskusikan tentang
bagaimana tehnis menuliskan Hadits tentang Kontrol diri
(Mujahadah An-Nafs),Prasangka baik (Khusnudzoan),
Persaudaraan (Ukhuwah).
.Tes
Pilihan ganda
1.
Dibawah
ini makna yang terkandung dalam Q.s.Al-Anfal (8):72,adalah tentang a.
Jihad b. Permusuhan . c. Perdamaian, d.
Tolong menolong, e. Sombong.
2.
Tolong
menolong dalam kebaikan, gotong royong dalam bermasyarakat adalah makna
dari; a,
Q.S Al-Anfal (8):72, b. Q.S. Al-Ma’idah (11): 10, c, Q.S. An- nas : 1. d. Al-Hujurat(49):12.
e. Q.S. Al-Hujurat(49) : 10.
A.
Indikator PencapaianKompetensi
1.menyebutkan makna yang
terkandung dalam surat Al Anfal (8) ayat 72
2 menyebutkan
makna yang terkandung dalam surat Al-Hujurat (49) : 12
3.menyebutkan makna yang
terkandung dalam surat Al-
Al-Hujurat (49) : 10
4. mengemukkan
hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs)
5. dapat
mengemukkan hadits tentang prasangka baik
(husnuzzhan).
6.dapat mengemukkan hadits tentang persaudaraan (ukhuwah)
B.
MateriPembelajaran
1. Q.S. Al-Anfal (8) : 72)
¨bÎ) z`Ï%©!$# (#qãZtB#uä (#rãy_$ydur (#rßyg»y_ur óOÎgÏ9ºuqøBr'Î/ öNÍkŦàÿRr&ur Îû È@Î6y «!$# tûïÏ%©!$#ur (#rur#uä (#ÿrç|ÇtR¨r y7Í´¯»s9'ré& öNåkÝÕ÷èt/ âä!$uÏ9÷rr& <Ù÷èt/ 4 tûïÏ%©!$#ur (#qãZtB#uä öNs9ur (#rãÅ_$pkç $tB /ä3s9 `ÏiB NÍkÉJu»s9ur `ÏiB >äóÓx« 4Ó®Lym (#rãÅ_$pkç 4 ÈbÎ)ur öNä.rç|ÇZoKó$# Îû ÈûïÏd9$# ãNà6øn=yèsù çóǨZ9$# wÎ) 4n?tã ¤Qöqs% öNä3oY÷t/ NæhuZ÷t/ur ×,»sVÏiB 3 ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ×ÅÁt/ ÇÐËÈ 2
2. Q.S. Al-Hujurat (49) : 12
$pkr'¯»t tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qç7Ï^tGô_$# #ZÏWx. z`ÏiB Çd`©à9$# cÎ) uÙ÷èt/ Çd`©à9$# ÒOøOÎ) ( wur (#qÝ¡¡¡pgrB wur =tGøót Nä3àÒ÷è/ $³Ò÷èt/ 4 =Ïtär& óOà2ßtnr& br& @à2ù't zNóss9 ÏmÅzr& $\GøtB çnqßJçF÷dÌs3sù 4 (#qà)¨?$#ur ©!$# 4 ¨bÎ) ©!$# Ò>#§qs? ×LìÏm§ ÇÊËÈ
3. surat Al-Al-Hujurat (49) : 10
$yJ¯RÎ) tbqãZÏB÷sßJø9$# ×ouq÷zÎ) (#qßsÎ=ô¹r'sù tû÷üt/ ö/ä3÷uqyzr& 4 (#qà)¨?$#ur ©!$# ÷/ä3ª=yès9 tbqçHxqöè? ÇÊÉÈ
4.Hadits ……………………..
C.
MetodePembelajaran
Metode:
1.
Diskusi
2.
Penugasan
Model :
Kooperativ
Learning
Dengan tipe two
stay two straid
D.
Media Pembelajaran
Kitab suci Alquran dan terjemahan
Kumpulan kitab
Hadits buhari
Multimedia Interaktif/CD Interaktif
/Video
Kertas permainan two stay two strait
E.
SumberBelajar
1.
Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls X
2.
Kitab suci Alquran dan
terjemahannyaahannya dan kitab hadits buhari
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’abersama dipimpin
oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’ansurahpendek pilihan
dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang
ditentukan sebelumnya);
c.
Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadirandan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran;
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif
berkaitan dengan materi Menganalisis
Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) :
10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan),
dan persaudaraan (ukhuwah)
d.
Menyampaikan kompetensi dasar dan
tujuan yang akan dicapai yaitupeserta didik dapat Menganalisis Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S.
Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang
kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan
persaudaraan (ukhuwah)
Menyampaikan cakupan makna Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49)
: 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
e.
Menyampaikantahapan tahapan pelaksanaan model pembelajaran two
stay two stray
f.
Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan
di papan tulis/whiteboard, potongan kartu/kertas karton (tulisan yang besar
dan mudah dilihat/dibacaataugambar), jika
memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).
Hal inidilakukanuntukmengkonkretkanantaraapa yang
diucapkandanbentuktulisannya
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
1.Guru membagi kelompok menjadi 5 kelompok dengan tiap
kelompok berjumlah 5 orang.
2. Peserta didik secara kelompok
menganalisa Q.S. Al-Anfal (8) : 72);
Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang
kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan
persaudaraan (ukhuwah)
3. Peserta didik secara
kelompok mendiskusijkan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12;
dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
b.Menanya
1.Dua orang dari tiap kelompok peserta didik pergi
bertanya ke kelompok lain untuk mencari informasi tentang Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12;
dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
2.Tiap-tiap kelompik menyamakan persepsi
tentang makna pada Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat
(49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka
baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) setelah mencari informasi
kekelompok lain.
c.Mengeksperimen/Mengexplorasi
1.Guru menyuruh mengemukkan makna hadits tentang kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
2.siswa menganalisa Q.S. Al-Anfal (8) :
72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan
persaudaraan (ukhuwah)
b.
Asosiasi
1.Secara individual maupun kelompok, pesertadidik
mengklasifikasikan surat Al Quran yang tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan
persaudaraan (ukhuwah)
2 .Secara individual maupun kelompok, pesertadidik
mengklasifikasikan Hadits nabi saw yang tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
c.
Komunikasi.
·
Peserta didik menyampaikan hasil diskusi tentang makna yang terkandung Q.S.
Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10;
serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
·
Peserta yang lain baiksecara
individual maupunkelompok menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Pesertadidikmembuatkesimpulan dibantu dan
dibimbing guru
|
70menit
|
3.
|
Penutup
a.
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan
atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai
bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b.
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik
cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum lancar dalam
melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya;
c.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
G.
Penilaian Hasil Belajar
Tugas
·
Mengisi rubrik tentang analisa Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS
Al-Hujurat (49) : 10 dan hadits
Contoh:
Beritanda di kolom ya atau tidak
No.
|
Uraian
|
Ya
|
tidak
|
1.
|
Dapat
menganalisa Q.S. Al-Anfal (8) : 72);
|
1
|
|
2.
|
Dapat
menganalisa Q.S. Al-Hujurat (49) : 12;
|
|
0
|
3.
|
Dapat
menganalisa QS Al-Hujurat (49) : 10
|
1
|
|
4
|
Dapat
menganalisa hadits tentang kontrol diri
(mujahadah an-nafs)
|
|
0
|
5
|
Dapat
menganalisa hadits tentang prasangka
baik (husnuzzhan))
|
1
|
|
6
|
Dapat
menganalisa hadits tentang dan
persaudaraan (ukhuwah)
|
1
|
|
|
Skor
|
4
|
|
|
Jumlah
|
66
|
|
1.Observasi
Menganalisa
Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10 dan
hadits
2.Portofolio
Menuliskkan
hadits tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
Tes
1.Pilihan ganda
Dibawah ini makn a yang gterkandung dalam Q.S. Al-Anfal (8) : 72) adalah tentang
:
a.jihad b.permusuhan c.perdamaian d.tolong menolong e.Sombong
H.
SumberBelajar
2.
Al Quran dan terjemHannya
3.
Kitab Hadits dan terjemahannya
Mengetahui,
KepalaSMA.....
...............................................
NIP. ......................................
|
......................,
......................................
Guru Mata Pelajaran PAI
.................................................
NIP. ........................................
|
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking