Dinsdag 06 Januarie 2015

Contoh RPP PAI



Contoh RPP PAI X
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Nama Sekolah                         : SMK  ANTABARANTAH,
Mata Pelajaran                       : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas /Semester                       : X/Ganjil  2013/2014.          
Materi Pokok                           : Menahan Diri.                  
AlokasiWaktu                            3  Jam Pelajaran.

A.Kompetensi Inti
      KI-1.                                    : Menghargai,dan menghayati ajaran Agama yang dianut.
      KI-2                                     : Menghargai dan menghayati Prilaku jujur, disiplin,tanggung Jawab,
                                                   : Peduli(Toleransi,gotong royong)santun,percaya diri dalam berinteraksi
                                                   : secara efektif dengan lingkungan sosial dan dalam alam jangkauan
                                                   : pergaulannya.
      KI-3.                                    : Memahami Pengetahuan (Faktual,konseptual)seni,budaya,terkait
                                                   : kejadian  tampak mata.
      KI-4.                                    : Mencoba,mengolah dan menyaji dalam ranah kongrit(Menggunakan,
                                                   : mengurai,merangkai,memodifikasi,dan membuat) dan dalam ranah
                                                   : abstrak (menulis,membaca,menghitung,menggambar,dan mengarang)
                                                   : sesuai dengan yang dipelajarai disekolah dan sumber lain yang sama
                                                : dalam sudut pandang teorii
B.KOMPTENSI DASAR DAN INDIKATOR
NO
Kompetensi Dasar
       Indikator Pencapaian Komptensi

 1.
 1.2.Kemampuan Menjelaskan  ttg
       a.Pengertian Kontrol diri
          (Mujahadah An-nafs)
           Al-anfal 8: 72
    



  b.Prasangka Baik  (Khusnudzoan)
            Al-Hujurat(49):12,







c.Persaudaraan (Ukhuwah)
           Al-Hujurat(49) :10.

1.2.2. (a).Menjelaskan pengetian Kontrol diri
              (Mujahadah An-naf)
         (b) Menjelaskan contoh-contoh prilaku
              kontrol diri dalam kehidupan se-hari
              hari.
         (c) Mengamalkan nilai-nilai kontrol 
              Diri dalam kehidupan nyata sebagai
              Implementasi dari Al-Anfal(8):72.
1.2.3.(a) Menjelaskan pengertian Baik sangk
              (Khamalkan khusnudzoan).
         (b).Menyebutkan contoh contoh prasa
               ngka baik dalam kehidupan se-hari
               hari. 
        (c).Mengamalkan nilai-nilai kebaikan
              Dalam kehidupan sebagai 
               implementasi dari Al-Hujurat  
               (49)12.
1.2.4.(a).Menjelaskan pengertian persauda
               raan dalam kehidupan nyata.
         (b).Menguraikan contoh-contoh per
               buatan yang meningkatkan rasa   
               persaudaran dalam kehidupan
               nyata.
         (c).Mengembangkan kerjasama,dan
               Gotong royong,toleransi terhadap
               Sesama sebagai implementasi dari
               Surat Al-Hujurat (49):10.
           

2.
2.2.Melalui diskusi bimbingan Guru siswa mempunyai kemampuan menyebutkan makna yang terkandung dalam surat Al-Anfal (8):72.
2.3. Melalui diskusi dan tanya jawab Kelompok siswa dapat menjelaskan tentang makna yang terkadung dalam surat Al-Hujurat (49):12.

2.2.2. Menyebutkan makna pelajaran yang di
          Ambil dari dari surat Al-Anfal (8):72.


2.2.3  Menjelaskan tentang makna yang
          Terkandung dalam surat Al-Hujurat
          (49):12.









3.
3.3. Melalui proses pembelajaran yang mendalam siswa mempunyai kemampuan untuk menjelaskan makna surat Al-Hujurat  (49)  : 10
3.4.Melalui Proses pembelajaran yang
      mendalam siswa mempunyai
kemampuan untuk menemukan dan menulis Hadits tentang Kontrol Diri
(Mujahadah An-nafs)
3.3.3  Menjelaskan intisari yang terkandung
            Dalam surat Al-Hujurat (49):10.


3.3.4  (a)Menemukan Hadits tentang Kontrol
              Diri (Mujahadah An-nafs)
          (b)Mempraktekan penulisan Hadit ttg
              Kontrol Diri (Mujahadah An=naf)


4.

4.4.Melalui diskusi dan tanya jawab kelompok siswa mempaunyai kemampuan untuk membaca dan menulis  Hadits tentang prasangka baik (Khusnudzoan)
4.5.Melalui penugasan siswa dapat membaca  dan menulis
Hadits tentang persaudaran (Ukhuwah).

4.4.4 Mampraktekan membaca dan menulis Hafits
          Tentang Prasangka baik(Khusnudzoan)



4.5.5.(a)Dapat membaca  Hadits tentang
             Persaudaraan (Ukhuwah).
        (b).Menulis Hadits tentang  Persaudaraan
             (Ukhuwah)






C.TujuanPembelajaran
1.Melalui diskusi dan tanya jawab yang mendalam  siswa dapat menyebutkan   makna  yang   
   terkandung dalam surat Al Anfal(8)ayat 72
2.Melalui diskusi bimbingan Guru  siswa dapat menyebutkan makna yang terkandung dalam surat          
    Al-Hujurat (49) : 12  
3.Melalui diskusi intens Guru dengn Siswa,dan Siswa dengan Siswa dapat menguraikan makna
   yang terkandung dalam surat Al-Al-Hujurat(49)10.
       4.Melalui penugasan secara kelompok  dapat menemukan,menulis,dan membaca  hadits tentang   
          kontrol diri (mujahadah  an-nafs)
        5.Melalui penugasan siswa dapat menemukan , menulis,dan membaca  hadits tentang prasangka  
           baik (husnuzzhan).
        6.Melalui penugasan siswa dapat mengemukakan,menulismdan membaca hadits tentang
          persaudaraan (ukhuwah)
D.MATERI PEMBELAJARAN
        Materi Pembelajaran yang ditampilkan dalam pertemuan ini sbb:
a.      Kontrol diri (Mujahadah An-nafs
b.      Berbaik sangka (Khusnudzoan)  
c.       Persaudaraan (Ukhuwah )
d.      Ayat Al-Qur’an sebagai landasan tentang Kontrol  diri (Mujahadah An-nafs),Berbaik sangka (Khusnudzoan), dan Persudaraan (Ukhuwah ).
















E.METODE PEMBELAJARAN.
       a.Pendekatan Saintific.
       b. Diskusi Kelompok dan tanya jawab
       c. Penugasan.
       d. Praktek
       e..............................................................................................................................................
F. SUMBER BELAJAR.
     1...................................... 201...Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas X. Jakarta:
                                              PT. Erlangga.
     2.Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Departemen Agama RI.
     3................................................................................................................................................
     4..............................................................................................................................................
     5. Dst.........................................................................................................................................

G.  MEDIA PEMBELAJAN/ALAT PEMBELAJARAN.
     1.MEDIA. 
     a.Vidio Pembelajaran Al- Qur’an.
     b.Power   .
     2.AlAT PEMBELAJARAN.
     c.Leptop.
     d.LCD Proyektor.

H.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN.
No
KEGIATAN
alokasi
waktu
1
        PENDAHULUAN


a
Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dengan khikmad,
dipimpin oleh salah seorang peserta didik yang lebih pandai membaca do’a dari
Peserta didik yang lain.





 10 Menit

b
Melakukan absensi terhadap siswa yang hadir dan berhalangan hadir.


c
Memulai pembelajaran dengan membaca Al-Qur’an surat-surat Pendek,dan surat
Surat pilihan dengan lancar dan benar (surat –surat Al-qur’an yang berhubungan
dengan materi Pembelajaran.

d
Guru mengamati kesiapan siswa dengan menginstruksikan kepada peserta didik untuk merapikan pakaian,posisi, dan tempat duduk sesuai dengan kondisi kelas.

e
Menjelaskan Materi yang akan dipelajari pada hari..................................................,


Menjelaskan kegunaan materi yang akan dipelajari (Apersepsi)


f
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi ,Surat Al-Anfal ayat (80):72.Surat Al Hujurat ayat (49):12. Surat Al-Hujurat ayat (49): 10. Dan Al-Hadits
Tentang Kontrol Diri (Mujahada An-nafs) Prasangka Baik ( Khusnudzoan).dan Persaudaraan (Ukhuwah). Hadits-Hadits yang berhubungan dengan Kontrol diri,berbaik sangka ,serta persudaraan .



g
Guru menyampaikan kepada peserta didik tentang kompetensi dasar dan tujuan yang
Akan dicapai dalam proses pembelajaran tentang Konrol diri (Mujahadah An-nafs)
Prasangka baik (Khusnudzoan), dan persaudaraan (Ukhuwah) Hadits Hadits tentang
Kontrol diri (Mujahadah An-nafs),Prasangka baik (Khusnudzoan) dan persuadaraan
(Ukhuwah).

h.
Mempersiapkan media /alat pembelajaran berupa Leptop lengkap dengan VCD.Infokus.Gunanya untuk mengkongritkan antara  apa yang diucapkan dengan
 bentuk tulisannya.





















  80. Menit.
2

KEGIATAN INTI.

a.
Mengamati,


-Guru membagi kelompok menjadi 5 kelompok dengan tiap-tiap kelompok 5 orang


-Peserta didik seacara kelompok mengamati/menganalisa surat Al-Anfal (8):72  
  Al-Hujurat (49):12, Surat Al-Hujurat Ayat (49): 10. Serta Hadits-hadits tentang  
  Kontrol diri (Mujahadah An-nafs) Prasangka Baik (Khusnudzoan),dan Persaudaraan
  (Ukhuwah).


-Peserta didik secara kelompok mendiskusikan Surat Al-Anfal (8):72 ,Al-Hujurat  
  (49): 12. Al Hujurat (490: 10.serta Hadits tentang Kontrol diri (Mujahadah An-nafs )
  Prasangka baik (khusnudzoan ),dan persaudaraan (Ukhuwah).

b
Menanya


-          Dua orang dari tiap kelompok peserta didik pergi bertanya kepada kelompok
Lain untuk mencari informasi tentang Intisari pelajaran dari Surat Al-Anfal (8):72. Al –hujurat (49): 12, dan Surat Hujurat (49):10. Hadits tentang Kontrol
diri (Mujahadah An-nafs), Prasangka Baik (Khusnudzoan) ,dan Persaudaraan
(Ukhuwah)
-          Tiap-tiap kelompok peserta didik menyamakan persepsi tentang makna pada
Surat Al-Anfal (8) : 72. Surat Al-Hujurat (49):12, Surat Al-hujurat (49):10.serta Hadits-hadits tentang Kontrol diri(Mujahadah An-nafs),Prasangka baik (Khusnudzoan ), dan Persaudaraan (Ukhuwah) setelah mencari informasi dari kelompok lain.

c.
Mengesperimen/mengeskplor/mencari.


-Guru membantu mengemukakan makna Hadits tentang kontrol diri (Mujahadah an-
  nafs) ,Prasangka baik (Khusnudzoan), dan Persaudaraan (Ukhuwah).
-Siswa menganalisa surat Al-Anfal (8):72, Surat Al-Hujurat (49):12,Surat Hujurat 
  (49): 10. Serta Hadits tentang kontrol diri (Mujahadah An-nafs),Prasangka baik
  (Khusnudzoan) , persaudaraan  ( Ukhuwah )
- Melalui diskusi inten siswa dapat mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
  tentang khasiat   Kontrol diri (Mujhadah An-nafs),Prasangka baik (Khusnudzoan),
  Persaudaran (Ukhuwah) Hadits-hadits yang berhubungan dengan kontrol diri
  (Mujahadah An-nafs), Prsangka  baik (Khusnudzoan), dan persaudaraan
 (Ukhuwah).

d.
Asosiatif


-Secara indifidual maupun kelompok , peserta didik mengklasifikasi/menguraikan
  Surat Al-Qur’an tentang Kontrol diri (Mujahadah  an-nafs),Prsangka baik
  (Khusnudzoan), dan persaudaraan (Ukhuwah).
-Setelah melalui pencarian dan analisa yang inten secara individu dan kelompok dapat
  mengklasifikasi Hadits Nabi tentang kontrol diri ( Mujahadah An-nafs) , prasangka
  baik  (khusnudzoan), dan persaudaraan (Ukhuwah).

e.
Komunikasi


.Peserta didik menyampaikan hasil pengamatan,diskusi kelompok,penjelasan 
  Guru,analisa kelompok serta sumber lain yang relevan tentang makna yang
  Terkandung dalam surat Al –Anfal (8) : 72, Al- Hujurat (49):12,Al-Hujurat (49):10,
  Serta Hadits-Hadits tentang Kontrol diri (Mujahadah An-nafs),Prasangka
  baik(Khusnudzoan), dan persaudaraan (Ukhuwah).
.Peserta secara kelompok dan individual  secara bergantian menanggapi hasil
  presentasi (melengkapi,mengkonfirmasi,menyanggah )kelompok lain.
. Masing-masing kelompok dibantu oleh Guru membuat kesimpukan













f
Penutup




 5.Menit.


.Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan dan tanggapan
  peserta didik dari  kegiatan yang telah dilakukan sebagai bahan masukan untuk
  perbaikan langkah selanjutnya.
.Merencakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas  baik secara invidu
  maupun kelompok bagi peserta didik yang belum lancar dalam melafalkan huruf
  Hija’iyah dan harokatnya.
.Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.




I.PENILAIAN HASIL BELAJAR.
 Tugas
 .Mengisi rubrik tentang analisa Q.S. Al-Anfal(8):72,Q.S.Al-Hujurat(49):12,Al-   
   Hujurat (49): 10,dan Hadits.
   Conto.
      Beri tanda di kolom ya dan tidak.

NO
                     U R A I A N
  Ya
Tidak
  1.
Dapat menganalisa Q.S Al-Anfal (8): 72;
    6

  2.
Dapat menganalisa Q.S Al-Hujurat (49): 12;
    8

  3.
Dapat  menganalisa Q.S. Al- Hujurat (49): 10;
    9

  4
Dapat menemukan,menulis,dan membaca Hadits tentang Kontrol Diri (Mujahadah An-nafs)

    7

  5.
Dapat menemukan, membaca, dan menulis Hadits tentang Prasangka baik (Khusnudzoan)
    9

  6.
Dapat menemukan,membaca,dan menulis Hadits tentang Persaudaraan (Ukhuwah).
  10


 Skor Minimal/perolehan
   49


 Skor Maksimal
   60


.Kegiatan
  Menganalisisa  Q.S. Al- Anfal(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12; Al-Hujurat(49) :10. Dan Hadits.
. Portotofolio
   Peserta didik mendiskusikan tentang bagaimana tehnis menuliskan Hadits tentang Kontrol diri 
   (Mujahadah An-Nafs),Prasangka baik (Khusnudzoan), Persaudaraan (Ukhuwah).
.Tes
  Pilihan ganda
1.      Dibawah ini makna yang terkandung dalam Q.s.Al-Anfal (8):72,adalah tentang a. Jihad    b. Permusuhan .   c. Perdamaian,   d.  Tolong menolong,  e. Sombong.
2.      Tolong menolong dalam kebaikan, gotong royong dalam bermasyarakat adalah makna dari;  a,
Q.S Al-Anfal (8):72,   b. Q.S. Al-Ma’idah (11): 10,   c, Q.S. An- nas : 1.   d. Al-Hujurat(49):12.
        e. Q.S. Al-Hujurat(49) : 10.
  

























































A.      Indikator PencapaianKompetensi
1.menyebutkan makna yang terkandung dalam surat Al Anfal (8) ayat 72
2 menyebutkan makna yang terkandung dalam surat  Al-Hujurat (49) : 12       
3.menyebutkan makna yang terkandung dalam surat  Al-
   Al-Hujurat (49) : 10
       4. mengemukkan hadits tentang kontrol diri (mujahadah  an-nafs)
       5. dapat mengemukkan hadits tentang prasangka baik (husnuzzhan).

       6.dapat mengemukkan hadits tentang persaudaraan (ukhuwah)




B.       MateriPembelajaran
1. Q.S. Al-Anfal (8) : 72)

¨bÎ) z`ƒÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#rãy_$ydur (#rßyg»y_ur óOÎgÏ9ºuqøBr'Î/ öNÍkŦàÿRr&ur Îû È@Î6y «!$# tûïÏ%©!$#ur (#rur#uä (#ÿrçŽ|ÇtR¨r y7Í´¯»s9'ré& öNåkÝÕ÷èt/ âä!$uÏ9÷rr& <Ù÷èt/ 4 tûïÏ%©!$#ur (#qãZtB#uä öNs9ur (#rãÅ_$pkç $tB /ä3s9 `ÏiB NÍkÉJu»s9ur `ÏiB >äóÓx« 4Ó®Lym (#rãÅ_$pkç 4 ÈbÎ)ur öNä.rçŽ|ÇZoKó$# Îû ÈûïÏd9$# ãNà6øn=yèsù çŽóǨZ9$# žwÎ) 4n?tã ¤Qöqs% öNä3oY÷t/ NæhuZ÷t/ur ×,»sVŠÏiB 3 ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ׎ÅÁt/ ÇÐËÈ 2

2. Q.S. Al-Hujurat (49) : 12
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qç7Ï^tGô_$# #ZŽÏWx. z`ÏiB Çd`©à9$# žcÎ) uÙ÷èt/ Çd`©à9$# ÒOøOÎ) ( Ÿwur (#qÝ¡¡¡pgrB Ÿwur =tGøótƒ Nä3àÒ÷è­/ $³Ò÷èt/ 4 =Ïtär& óOà2ßtnr& br& Ÿ@à2ù'tƒ zNóss9 ÏmŠÅzr& $\GøŠtB çnqßJçF÷d̍s3sù 4 (#qà)¨?$#ur ©!$# 4 ¨bÎ) ©!$# Ò>#§qs? ×LìÏm§ ÇÊËÈ


3. surat  Al-Al-Hujurat (49) : 10
$yJ¯RÎ) tbqãZÏB÷sßJø9$# ×ouq÷zÎ) (#qßsÎ=ô¹r'sù tû÷üt/ ö/ä3÷ƒuqyzr& 4 (#qà)¨?$#ur ©!$# ÷/ä3ª=yès9 tbqçHxqöè? ÇÊÉÈ
4.Hadits ……………………..

C.      MetodePembelajaran

Metode:
1.    Diskusi
2.    Penugasan

Model :
Kooperativ Learning
Dengan tipe two stay two straid

D.      Media Pembelajaran
Kitab suci Alquran dan terjemahan
 Kumpulan kitab Hadits buhari
Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
Kertas permainan two stay two strait


E.       SumberBelajar
1.    Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls X
2.    Kitab suci Alquran dan terjemahannyaahannya dan kitab hadits buhari


F.       Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.     Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’abersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.     Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’ansurahpendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.     Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadirandan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi Menganalisis Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
d.     
Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai yaitupeserta didik dapat Menganalisis Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)

Menyampaikan cakupan makna Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)

e.     Menyampaikantahapan  tahapan pelaksanaan model pembelajaran two stay two stray
f.      Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/whiteboard, potongan kartu/kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibacaataugambar), jika memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).
Hal inidilakukanuntukmengkonkretkanantaraapa yang diucapkandanbentuktulisannya


10 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
1.Guru membagi kelompok menjadi 5 kelompok dengan tiap kelompok berjumlah 5 orang.
    2. Peserta didik secara kelompok menganalisa Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3. Peserta didik secara kelompok mendiskusijkan  Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
b.Menanya
1.Dua orang dari tiap kelompok peserta didik pergi bertanya ke kelompok lain untuk mencari informasi tentang Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
2.Tiap-tiap kelompik menyamakan persepsi tentang makna pada Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) setelah mencari informasi kekelompok lain.


c.Mengeksperimen/Mengexplorasi

1.Guru menyuruh mengemukkan makna  hadits tentang  kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
2.siswa menganalisa Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)

b.    Asosiasi
1.Secara individual maupun kelompok, pesertadidik mengklasifikasikan surat Al Quran yang tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
2 .Secara individual maupun kelompok, pesertadidik mengklasifikasikan Hadits nabi saw yang tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)

c.    Komunikasi.
·      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi tentang makna yang terkandung Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
·      Peserta yang lain baiksecara individual maupunkelompok menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Pesertadidikmembuatkesimpulan dibantu dan dibimbing guru

70menit
3.
Penutup
a.  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum lancar dalam melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya;
c.  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

10 menit

G.      Penilaian Hasil Belajar

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang analisa Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10 dan hadits
Contoh:
Beritanda  di kolom ya atau tidak
No.
Uraian
Ya
tidak
1.
Dapat menganalisa  Q.S. Al-Anfal (8) : 72);
1

2.
Dapat menganalisa Q.S. Al-Hujurat (49) : 12;

0
3.
Dapat menganalisa QS Al-Hujurat (49) : 10
1

4
Dapat menganalisa hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs)

0
5
Dapat menganalisa hadits tentang prasangka baik (husnuzzhan))
1

6
Dapat menganalisa hadits tentang dan persaudaraan (ukhuwah)
1


Skor
4


Jumlah
66


1.Observasi
     Menganalisa Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10 dan hadits
2.Portofolio
Menuliskkan hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)

Tes
 1.Pilihan ganda
           Dibawah ini makn a yang gterkandung dalam Q.S. Al-Anfal (8) : 72) adalah tentang  :
            a.jihad      b.permusuhan          c.perdamaian   d.tolong menolong      e.Sombong


H.      SumberBelajar
2.    Al Quran dan terjemHannya
3.    Kitab Hadits dan terjemahannya



Mengetahui,
KepalaSMA.....




...............................................
NIP. ......................................
......................, ......................................

Guru Mata Pelajaran PAI




.................................................
NIP. ........................................


Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking